Jawaban:
A. HTML (Hyper
Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat
sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser
Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia
penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup
Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk
menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang
didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium
(W3C). HTML
berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan
sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat
dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft
Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun
dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser. HTML
dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini
sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal
dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi
tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara:
TAMPIL TEBAL. Tanda digunakan untuk mengaktifkan
instruksi cetak tebal, diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan, dan diakhiri
dengan tanda untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.
B. URL
(Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format
standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti
dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim
Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat
mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah
dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum
sifatnya.
C. FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
2. Jelaskan 6 Arsitektur search
engine?
Jawaban:
· Spider
Jawaban:
· Spider
program search engine untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir
mirip dengan browser..
· Crawler
program yang dimiliki search engine yang menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site..
program yang dimiliki search engine yang menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site..
· Indexer
satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.
satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.
· Database
komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload Spider serta tempat yang digunakan oleh Indexer dalam menganalisa web.
komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload Spider serta tempat yang digunakan oleh Indexer dalam menganalisa web.
· Result
Engine
program yang menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user.
program yang menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user.
· Web
Server
Web Server merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. bagian central dan penentu terhadap apa yang diminta oleh user.
Web Server merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. bagian central dan penentu terhadap apa yang diminta oleh user.
3. Bagaimana cara mendapatkan www.google.com bukan www.google.com atau yang lainnya? Jelaskan!
Jawaban:
Jawaban:
Mungkin
ada diantara kita ada yang mendapatkan kendala saat membuka google.com tetapi
yang anda langsung dihubungkan dengan google di negara anda, seperti
google.co.id.
jika anda menggunakan opera sebagai browser hal di atas tidak menjadi masalah, tetapi jika browser yang anda gunakan bukan opera maka anda akan kesulitan untuk membuka google.com. Tetapi anda tidak usah khawatir karena
kesulitan tersebut di atas dapat kita atasi dengan mudah.
Bagi anda yang kesulitan membuka google.com dapat menambahkan ncr, URL google.com menjadi google.com/ncr. ( http://google.com/ncr )
jika anda menggunakan opera sebagai browser hal di atas tidak menjadi masalah, tetapi jika browser yang anda gunakan bukan opera maka anda akan kesulitan untuk membuka google.com. Tetapi anda tidak usah khawatir karena
kesulitan tersebut di atas dapat kita atasi dengan mudah.
Bagi anda yang kesulitan membuka google.com dapat menambahkan ncr, URL google.com menjadi google.com/ncr. ( http://google.com/ncr )
Anda
hanya perlu melakukannya sekali saja, dan seterusnya jika anda membuka
google.com maka anda tidak lagi diarahkan ke google negara anda. Kalau saya
tidak salah mengartikan, kepanjangan dari NCR adalah No Country Redirection.
Bila anda seorang webmaster maka menggunakan google.com sangat penting untuk
mengetahui posisi keyword anda di google.com search engine. Mulai saat ini anda
bisa membuka halaman google yang anda inginkan dan anda tidak akan dihubungkan
dengan google lokal.
4. Produk google yang mirip dengan yahoo serta bandingkan perbedaannya?
Jawaban:
Jawaban:
Google
adalah karena dari segi tampilan benar-benar mencerminkan sebuah mesin pencari,
lebih simpel. kemudian menyusul alasan lain seperti lebih ringan saat dibuka
baik google.com atau
layanan e-mail nya di gmail.com dan ketepatan antara keyword dengan
hasil pencariannya.
Segi Tampilan ?
tahun
ini, kayaknya Yahoo masih harus bersabar untuk jadi raja nomor 1 di dunia mesin
pencari. soalnya gw liat dari tampilan keduanya, memang masih belom banyak yang
berubah. Google masih tetap dengan tampilannya yang simple dan fokus, dan Yahoo
masih dengan tampilannya yang ‘penuh’ dan sekarang lebih mirip kayak portal
berita menurut gw. nah bagi pengguna internet di Indonesia yang sepertinya
belum bisa menikmati internet kecepatan tinggi, mungkin buka situs Yahoo akan
sangat lama dan berat, lain banget kalo buka Google. karena ya dari segi konten
emang Google lebih simpel dan fokus.
Segi Layanan Email ?
masalah
layanan e-mail juga masih belom ada perubahan, Gmail kini mungkin emang hadir
dengan tampilan yang banyak diperbarui dari segi tampilan menu, jadi intinya
kita bisa masuk ke Gmail, Google+, Google Images, GoogleMaps, Blogspot dan
lainnya dari satu situs Gmail. jadi, Google telah mengintegrasikan semua
produknya dalam satu akun, jadi gak perlu lagi repot-repot log-in lagi
untuk satu produk beda dari produsen yang sama.
kecepatan upload dokumen
di Gmail menurut gw sekarang cenderung lebih stabil dan cepat dan mungkin kita
akan terbantu juga karena disediakan space sebesar 25mb untuk
file maksimum yang bisa dikirim untuk satu e-mail. dan lagi ada status bar yang
menunjukan sudah berapa persen file lo di-upload.
nah
sekarang beralih ke layanan e-mail Yahoo. baru-baru ini emang Yahoo
mengeluarkan desain tampilan baru untuk Yahoomail dan menurut gw emang lebih
baik dari yang kemarin. dari segi kapasitas attachment juga
sekarang kita bisa mengirim file maksimum 25 mb untuk sekali kirim. beda dengan
Google, di YahooMail setiap akun e-mail kita gak punya batasan kuota jadi kita
bisa aja bikin akun YahooMail kita jadi pusat simpan data-data yang penting.
kalo Google setiap akun e-mail dibatasi sampai sekitar 7,6 Gb.
beralih
ke kecepatan upload di YahooMail, sekarang YahooMail
udah punya fitur status baryang sedian gambaran udah berapa persen
file kita di-upload. ditambah lagi YahooMail udah berkerja sama dengan
antivirus Norton dari Symantec yang bisa memeriksa
file yang dikirim apa ada virusnya atau gak.
namun
kelemahan yang sering gw temuin di lapangan, dari teman-teman gw yang pake
YahooMail, kadang e-mailnya gak bisa kekirim entah kenapa, selalu gagal upload,
dan bahkan ada yang lama banget sampe kekirimnya. tapi setelah gw rekomendasi
pake Google, entah kenapa masalah temen gw ilang. e-mailnya sekejap langsung
diproses dan kekirim.
Segi Trafik Situs ?
seperti
yang kalian bisa liat gambar di atas, menurut Alexa.com rivalitas
kedua mesin pencari masih kalah sama situs jejaring sosial Facebook. tapi
karena jejaring sosial bukan tema kita hari ini,,ya sudah abaikan saja !
ternyata
Google masih unggul dari Yahoo. Google Indonesia menempati urutan kedua situs
terpaling banyak dikunjungi di Indonesia, kemudian disusul Google.com sebagai
situs global Google dan kemudian di urutan keempat ada produk blog dari Google
yaitu Blogspot. di urutan kelima setelah dijajah habis-habisan sama Google baru
Yahoo muncul. habis itu setelah Yahoo masuk Youtube yang merupakan situs
penyedia video yang diakuisi sama Google pada Oktober 2006. yak Yahoo emang
kayaknya diapit sama kedigdayaan Google.
untuk
rating di dunia, Google menempati urutan 1 dunia, kemudian baru disusul
Facebook. Youtube sebagai anak perusahaan Google berada di urutan ketiga.
sementara itu Yahoo berada di urutan keempat. kemudian diapit lagi sama Google
oleh produknya Blogspot.
Segi Strategi Bisnis ?
Google
selalu fokus untuk pengembangan hal-hal yang bersifat mandiri misalnya: Google
Buzz, Google+, Google Maps, dan Android. gak kayak Google, ternyata Yahoo lebih
banyak mengadakan kemitraan atau kerjasama untuk mengembangkan berbagai macam
layanan di Yahoo sendiri. jadi bisa dibilang persaingan di antara keduanya
lebih kayak pertarungan antara Pengembangan vs Kemitraan?
seperti
yang gw tulis di atas pada Oktober 2006, Google membeli YouTube. di tahun yang
sama Yahoo dan eBay membentuk kemitraan. pada tahun 2008, Google meluncurkan
Google Chrome. tahun berikutnya, 2009, Yahoo membentuk kemitraan pencarian
dengan Microsoft. kemudian pada Februari 2010, Google datang dengan Google
Buzz. di tahun yang sama, Yahoo dan Twitter membentuk kemitraan. Selain
itu, Google meluncurkan aplikasi Google Dompet musim panas ini.
jadi
kita bisa lihat Google selalu terencana dengan memanfaatkan sumber daya manusia
nya untuk membuat sesuatu yang lebih atas nama Google pribadi. Google bisa
dibilang selalu mengambil langkah yang sangat diperhitungkan untuk
mengembangkan aplikasi yang selalu bisa meraih perhatian orang, kita ambil
contoh mungkin kontroversial nya Google+ ketika diwacanakan mau muncul dan saat
Google+ masih belom bisa dibuka untuk umum, banyak media massa yang membuat
rilis atau tulisan tentang kelebihan jejaring sosial baru ini yang konon mampu menggabungkan
kelebihan Facebook dengan Twitter.
saat
Yahoo hanya melanjutkan kemitraan terus-menerus, strategi Google terus berhasil
sejak peluncuran Google Buzz karena merupakan salah satu produk paling lengkap
Google telah disajikan sampai sekarang. walau pada akhirnya Google Buzz
akhir-akhir ini diakui sebagai produk gagal yang kurang sukses di pasaran.
Dibandingkan
dengan Yahoo, Google telah mengembangkan produk teknis yang lebih baik seperti:
Buzz, Google+, Chrome, sistem operasi Androidm, dan ChromeBook (laptop khusus
browsing internet dari Google Chrome). ditambah lagi, Google bekerja lebih
pada smartphone sekarang, yang akan menjadi target pasar yang amat sangat empuk
dan menggiurkan menurut gw di masa depan nanti.
Kesimpulan ……..
kesimpulannya
walau di atas kertas Google jauh lebih baik dari Yahoo, tapi masih ada
kelebihan Yahoo yang belom bisa diungguli Google. walau dari segi mesin pencari
Google sangat ampuh, tapi dari segi e-mail mungkin Gmail masih belom sepopuler
YahooMail karena memang Yahoo duluan yang punya jasa layanan e-mail. kemudian
untuk layanan chatting Yahoo jelas lebih unggul dengan produk Yahoo
Messenger-nya karena emang banyak dipake orang karena banyak juga orang yang
punya akun e-mail Yahoo. walau sebenarnya dari segi performa e-mail gw
lebih merekomendasikan Gmail.
tapi
itu semua memang tergantung dari individu masing-masing, setiap orang punya
pilihan masing-masing untuk menentukan pilihan terbaiknya untuk menunjang
produktvitasnya sehari-hari di dunia maya. dan begitu juga dengan Google dan
Yahoo yang tentunya memiliki cara yang berbeda dan strategi marketing yang lain
untuk menjaring pasar sesuai dengan keunikan dan kelebihan produknya
masing-masing.
Sumber
http://pempekbalapblog.blogspot.com/2011/03/arsitektur-search-engine.html
http://ewawan.com/pengertian-http.html
http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/
http://bowol.blogspot.com/2010/04/cara-membuka-situs-googlecom-bukan.html
http://spidolbekas.wordpress.com/2011/08/25/google-vs-yahoo-melihat-persaingan-ketat-dari-berbagai-seg/
http://ewawan.com/pengertian-http.html
http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/
http://bowol.blogspot.com/2010/04/cara-membuka-situs-googlecom-bukan.html
http://spidolbekas.wordpress.com/2011/08/25/google-vs-yahoo-melihat-persaingan-ketat-dari-berbagai-seg/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar