Jumat, 23 Maret 2012

LAPORAN AKHIR INTERNET DASAR

1. Jelaskan 2 Host selain WWW dan Jelaskan?
    Jawaban:
A.  HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser. HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: TAMPIL TEBAL. Tanda digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. 
B. URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. 
C. FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.  
2. Jelaskan 6 Arsitektur search engine?
       Jawaban:
           ·   Spider
     program search engine untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir mirip dengan browser..

·    Crawler
program yang dimiliki search engine yang menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site..

·    Indexer
satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.

·    Database
komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload Spider serta tempat yang digunakan oleh Indexer dalam menganalisa web.

·    Result Engine
program yang menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. 

·    Web Server
Web Server merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. bagian central dan penentu terhadap apa  yang diminta oleh user.

3. Bagaimana cara mendapatkan www.google.com bukan www.google.com atau yang lainnya? Jelaskan!     
      Jawaban:
Mungkin ada diantara kita ada yang mendapatkan kendala saat membuka google.com tetapi yang anda langsung dihubungkan dengan google di negara anda, seperti google.co.id.
jika anda menggunakan opera sebagai browser hal di atas tidak menjadi masalah, tetapi jika browser yang anda gunakan bukan opera maka anda akan kesulitan untuk membuka google.com. Tetapi anda tidak usah khawatir karena
kesulitan tersebut di atas dapat kita atasi dengan mudah.
Bagi anda yang kesulitan membuka google.com dapat menambahkan ncr, URL google.com menjadi google.com/ncr. ( http://google.com/ncr )
Anda hanya perlu melakukannya sekali saja, dan seterusnya jika anda membuka google.com maka anda tidak lagi diarahkan ke google negara anda. Kalau saya tidak salah mengartikan, kepanjangan dari NCR adalah No Country Redirection. Bila anda seorang webmaster maka menggunakan google.com sangat penting untuk mengetahui posisi keyword anda di google.com search engine. Mulai saat ini anda bisa membuka halaman google yang anda inginkan dan anda tidak akan dihubungkan dengan google lokal.

4. Produk google yang mirip dengan yahoo serta bandingkan perbedaannya?  
   Jawaban:
Google adalah karena dari segi tampilan benar-benar mencerminkan sebuah mesin pencari, lebih simpel. kemudian menyusul alasan lain seperti lebih ringan saat dibuka baik google.com atau layanan e-mail nya di gmail.com dan ketepatan antara keyword dengan hasil pencariannya.
Segi Tampilan ?
tahun ini, kayaknya Yahoo masih harus bersabar untuk jadi raja nomor 1 di dunia mesin pencari. soalnya gw liat dari tampilan keduanya, memang masih belom banyak yang berubah. Google masih tetap dengan tampilannya yang simple dan fokus, dan Yahoo masih dengan tampilannya yang ‘penuh’ dan sekarang lebih mirip kayak portal berita menurut gw. nah bagi pengguna internet di Indonesia yang sepertinya belum bisa menikmati internet kecepatan tinggi, mungkin buka situs Yahoo akan sangat lama dan berat, lain banget kalo buka Google. karena ya dari segi konten emang Google lebih simpel dan fokus.
Segi Layanan Email ?
masalah layanan e-mail juga masih belom ada perubahan, Gmail kini mungkin emang hadir dengan tampilan yang banyak diperbarui dari segi tampilan menu, jadi intinya kita bisa masuk ke Gmail, Google+, Google Images, GoogleMaps, Blogspot dan lainnya dari satu situs Gmail. jadi, Google telah mengintegrasikan semua produknya dalam satu akun, jadi gak perlu lagi repot-repot log-in lagi untuk satu produk beda dari produsen yang sama.
kecepatan upload dokumen di Gmail menurut gw sekarang cenderung lebih stabil dan cepat dan mungkin kita akan terbantu juga karena disediakan space sebesar 25mb untuk file maksimum yang bisa dikirim untuk satu e-mail. dan lagi ada status bar yang menunjukan sudah berapa persen file lo di-upload.
nah sekarang beralih ke layanan e-mail Yahoo. baru-baru ini emang Yahoo mengeluarkan desain tampilan baru untuk Yahoomail dan menurut gw emang lebih baik dari yang kemarin. dari segi kapasitas attachment juga sekarang kita bisa mengirim file maksimum 25 mb untuk sekali kirim. beda dengan Google, di YahooMail setiap akun e-mail kita gak punya batasan kuota jadi kita bisa aja bikin akun YahooMail kita jadi pusat simpan data-data yang penting. kalo Google setiap akun e-mail dibatasi sampai sekitar 7,6 Gb.
beralih ke kecepatan upload di YahooMail,  sekarang YahooMail udah punya fitur status baryang sedian gambaran udah berapa persen file kita di-upload. ditambah lagi YahooMail udah berkerja sama dengan antivirus Norton dari Symantec yang bisa memeriksa file yang dikirim apa ada virusnya atau gak.
namun kelemahan yang sering gw temuin di lapangan, dari teman-teman gw yang pake YahooMail, kadang e-mailnya gak bisa kekirim entah kenapa, selalu gagal upload, dan bahkan ada yang lama banget sampe kekirimnya. tapi setelah gw rekomendasi pake Google, entah kenapa masalah temen gw ilang. e-mailnya sekejap langsung diproses dan kekirim.
Segi Trafik Situs ?
seperti yang kalian bisa liat gambar di atas, menurut Alexa.com rivalitas kedua mesin pencari masih kalah sama situs jejaring sosial Facebook. tapi karena jejaring sosial bukan tema kita hari ini,,ya sudah abaikan saja !
ternyata Google masih unggul dari Yahoo. Google Indonesia menempati urutan kedua situs terpaling banyak dikunjungi di Indonesia, kemudian disusul Google.com sebagai situs global Google dan kemudian di urutan keempat ada produk blog dari Google yaitu Blogspot. di urutan kelima setelah dijajah habis-habisan sama Google baru Yahoo muncul. habis itu setelah Yahoo masuk Youtube yang merupakan situs penyedia video yang diakuisi sama Google pada Oktober 2006. yak Yahoo emang kayaknya diapit sama kedigdayaan Google.
untuk rating di dunia, Google menempati urutan 1 dunia, kemudian baru disusul Facebook. Youtube sebagai anak perusahaan Google berada di urutan ketiga. sementara itu Yahoo berada di urutan keempat. kemudian diapit lagi sama Google oleh produknya Blogspot.
Segi Strategi Bisnis ?
Google selalu fokus untuk pengembangan hal-hal yang bersifat mandiri misalnya: Google Buzz, Google+, Google Maps, dan Android. gak kayak Google, ternyata Yahoo lebih banyak mengadakan kemitraan atau kerjasama untuk mengembangkan berbagai macam layanan di Yahoo sendiri. jadi bisa dibilang persaingan di antara keduanya lebih kayak pertarungan antara Pengembangan vs Kemitraan?
seperti yang gw tulis di atas pada Oktober 2006, Google membeli YouTube. di tahun yang sama Yahoo dan eBay membentuk kemitraan. pada tahun 2008, Google meluncurkan Google Chrome. tahun berikutnya, 2009, Yahoo membentuk kemitraan pencarian dengan Microsoft. kemudian pada Februari 2010, Google datang dengan Google Buzz. di tahun yang sama, Yahoo dan Twitter membentuk kemitraan. Selain itu, Google meluncurkan aplikasi Google Dompet musim panas ini.
jadi kita bisa lihat Google selalu terencana dengan memanfaatkan sumber daya manusia nya untuk membuat sesuatu yang lebih atas nama Google pribadi. Google bisa dibilang selalu mengambil langkah yang sangat diperhitungkan untuk mengembangkan aplikasi yang selalu bisa meraih perhatian orang, kita ambil contoh mungkin kontroversial nya Google+ ketika diwacanakan mau muncul dan saat Google+ masih belom bisa dibuka untuk umum, banyak media massa yang membuat rilis atau tulisan tentang kelebihan jejaring sosial baru ini yang konon mampu menggabungkan kelebihan Facebook dengan Twitter.
saat Yahoo hanya melanjutkan kemitraan terus-menerus, strategi Google terus berhasil sejak peluncuran Google Buzz karena merupakan salah satu produk paling lengkap Google telah disajikan sampai sekarang. walau pada akhirnya Google Buzz akhir-akhir ini diakui sebagai produk gagal yang kurang sukses di pasaran.
Dibandingkan dengan Yahoo, Google telah mengembangkan produk teknis yang lebih baik seperti: Buzz, Google+, Chrome, sistem operasi Androidm, dan ChromeBook (laptop khusus browsing internet dari Google Chrome). ditambah lagi, Google bekerja lebih pada smartphone sekarang, yang akan menjadi target pasar yang amat sangat empuk dan menggiurkan menurut gw di masa depan nanti.
Kesimpulan ……..
kesimpulannya walau di atas kertas Google jauh lebih baik dari Yahoo, tapi masih ada kelebihan Yahoo yang belom bisa diungguli Google. walau dari segi mesin pencari Google sangat ampuh, tapi dari segi e-mail mungkin Gmail masih belom sepopuler YahooMail karena memang Yahoo duluan yang punya jasa layanan e-mail. kemudian untuk layanan chatting Yahoo jelas lebih unggul dengan produk Yahoo Messenger-nya karena emang banyak dipake orang karena banyak juga orang yang punya akun e-mail Yahoo.  walau sebenarnya dari segi performa e-mail gw lebih merekomendasikan Gmail.
tapi itu semua memang tergantung dari individu masing-masing, setiap orang punya pilihan masing-masing untuk menentukan pilihan terbaiknya untuk menunjang produktvitasnya sehari-hari di dunia maya. dan begitu juga dengan Google dan Yahoo yang tentunya memiliki cara yang berbeda dan strategi marketing yang lain untuk menjaring pasar sesuai dengan keunikan dan kelebihan produknya masing-masing.

Sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar