Selasa, 28 Januari 2014

Perkembangan Animasi dan Teknologi di Indonesia

Di Indonesia Teknologi Animasi sudah tidak asing lagi. Pengembangan konten animasi adalah salah satu bidang industri digital yang bisa didorong di dalam negeri. Untuk memberikan inspirasi kepada pelaku pengembang konten animasi, sejumlah duta besar berbagi pengalaman pengembangan animasi di berbagai negara dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI).

Perkembangan Animasi  di Indonesia sudah meluas. Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Animasi kini muncul dengan menggerakan bentuk seni lain dengan cara yang inovatif sambil menjadi medium yang semakin tegas dengan tematis dan gaya. Pertama kali didefinisikan sebagai menggambar sebuah narasi dengan tangan, gambar demi gambar, kemudian memfoto hasilnya dan menghubungkan semuanya menjadi satu untuk memproduksi ilusi akan suatu gerakan, animasi dulu berfungsi tidak lebih seperti buku yang bisa dibolak-balik untuk menciptakan gerakan ketika anda membolak-balikkan halamannya. Gambar yang digenerasikan oleh komputer, atau CGI, mengubah semuanya. Menggunakan software yang canggih, animasi menampilkan keajaiban dan bukan hanya dalam film, tetapi juga dalam teater dan opera.

Film animasi, untuk urusan yang satu ini pasti kita akan selalu menoleh ke Hollywood. Apalagi jika kita membicarakan tentang film layar lebarnya disanalah film-film animasi yang menjelma menjadi ikon baru produk box office seperti film Ice Age dan lain sebagainya.

Para pemuda Indonesia tidak mau kalah dengan maraknya film layar lebar dengan format 3 dimensi (3D) yang membanjiri tanah air. Mereka berpikir keras untuk memproduksi film dengan format tersebut. Film yang berjudul  'Petualangan Si Adi' diharapkan bisa mengalahkan film tetangga sebelah yaitu upin dan ipin. Bukan hanya Petualangan Si Adi saja yang dibuat anak Indonesia tetapi masih banyak lagi lainnya.

Film animasi di Indonesia sebagai suatu industri yang berbasis seni sudah lama ada. Namun yang terlewatkan, industry film animasi Indonesia dari dulu senantiasa meletakkan film animasi sebagi konsumsi Anak-anak atau paling tidak Remaja. Jarang sekali melihat film animasi Indonesia diperuntukkan bagi orang Dewasa. Dalam kenyataannya banyak orang dewasa yang menyukai film animasi dan ini menjadi sebuah peluang dalam berindustri.

http://tekno.kompas.com
http://komunikasi.us
http://id.wikipedia.org
http://warungfiksi.net

http://life.viva.co.id/

1 komentar: