Selasa, 28 Januari 2014

Perkembangan Robotika di Dunia

Perkembangan robotika berawal sekitar abad XVII. Pada saat itu seorang ilmuan biologi dan pengarang novel maupun pertunjukan drama ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti manusia, yang bisa disuruh dan menuruti segala apa yang mereka perintahkan, tetapi semua itu belum menjadi kenyataan hanya ada didalam sebuah novel-novel atau sebuah cerita saja.

Sekitar Abad XIX robot mulai dikembangkan oleh Insinyur Teknik. Pada saat itu mereka mempunyai keahlian untuk membuat boneka tersebut menjadi bisa bergerak.

Hingga akhirnya, Pada tahun 1920 robot mulai berkembang dengan ilmu elektronika. Lebih spesifiknya menggunakan teknik control otomatis. Tetapi, tetapi pada masa-masa itu komputer yang merupakan komponoen utama pada sebuah robot yang digunakan untuk pengolaan data masukan dari sensor dan kendali aktuator belum memiliki kemmpuan komutasi yang cepat selain ukuran fisik komputer pada masa itru masih cukup besar.

Robot-robot cerdas mulai berkembang pesat seiring berkembagnya komputer pada sekitar tahun1950-an. Dengan semakin cepatya kemampuan komputasi komputer dan semakin kecilnya ukuran fisiknya,maka robot-robot yang dibuat semakin memiliki kecerdasan yang cukup baik untuk melakukan pekerjan-pekerjan yang biasa dilakukan olaeh manusia. Pada awal diciptakaanya, komputer sebagai alat hitung saja, perkembangan algoritma pemrograman menjadikan komputer sebagai instrumentasi yang memiliki kemammpauan kemampuan seperti otak manusia. Artificial intelegent atau kecerdasan buatan adalah algoritma pemrograman yang membuat komputer memiliki kecerdasan seperti manusia yang mampu menalar, mengambil kesimpulan dan keputusan  berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Pada saat ini perkembangan teknologi Robotika sudah semakin pesat. Dahulu komputer yang digunakan juga cukup besar. Tetapi sekarang sudah lebih efisien.

Adapula robot humanoid yaitu, Actroid. Dengan tampilan yang menyerupai manusia inidikembangkan oleh Universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd. Diperkenalkan pertama kali pada International Robot Exposition tahun 2003 di Tokyo,Jepang.

Banyak produk dengan versi yang berbeda diciptakan setelahnya. Biasanya robot ini dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan wanita muda keturunan Jepang. Actrod adalah contoh pelopor untuk mesin nyata yang mirip android atau gynoid dalam fiksi ilmiah. Actroid mampu berekspresi seperti mengedipkan mata, berbicara,dan bernafas. Kulit Actroid terbuat dari silicon dan tampak menyerupai kulit manusia asli. Sebanyak 47 sensor penggerak dipasangkan di bagian tubuh atas Actroid sehingga mampu bereaksi secara alami seperti manusia.

Sistem pengindraan Actroid sensor penggerak mampu membuatnya bereaksi cukup cepat untuk melakukan atau menangkis tinju. Namun sejauh ini pergerakan tubuh bagian bawah masih terbatas. Actroid bisa disewa bersama kostumnya untuk memberi salam pada tamu kafe, pusat informasi, kompleks, perusahaan, ataupun museum, dengan biaya 400.000 yen untuk 5 hari termasuk biaya koreografi.

Referensi :

Build Robot Tutorial, (http://www.societyofrobots.com)
http://rakhafakhruddin.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar