Senin, 14 Oktober 2013

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Indonesia Lagi?

Mungkin kita sebagai Bangsa Indonesia bertanya kenapa kita harus belajar Bahasa Indonesia lagi? Sebagai Orang asli Indonesia kita diharuskan belajar Bahasa Indonesia, kenapa? Karena dengan kita belajar Bahasa Indonesia kita bisa membedakan bahasa yang baik dan bahasa yang tidak baik untuk digunakan. Bahasa Indonesia bukan hanya sebagai alat komunikasi semata tetapi merupakan suatu identitas atau ciri dari Bangsa Indonesia, Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa resmi Negara Republik Indonesia yang sudah sejak lama digunakan oleh para pemuda bahkan sebelum adanya UUD 1945. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang telah berhasil menyatukan semangat para pemuda untuk bersatu pada saat Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda yang ke tiga : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Oleh karena itu, bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang berbeda-beda ini.

Indonesia kaya akan bahasa, budaya, dan pulau-pulaunya. Indonesia mempunyai macam-macam bahasa daerah. Banyak orang menganggap tidak perlu belajar bahasa Indonesia karena mereka merasa lawan bicaranya mengerti apa yang ia bicarakan. maka mempelajari bahasa Indonesia itu tidak perlu karena terkesan kaku dan baku. Tetapi bila kita tidak mempelajari bahasa Indonesia bagaimana dengan berbagai macam bahasa daerah yang ada diindonesia. Pasti bila setiap daerah bertemu dengan daerah yang lain tidak mungkin mereka menggunakan bahasanya masing-masing, maka dari itu mereka menggunakan bahasa resmi yaitu Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi.

Masih banyak orang Indonesia yang berbicara, menulis atau menggunakan bahasa Indonesianya tidak tertutur dengan rapi atau masih berantakan. Oleh karena itu, di bangku sekolah SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi kita diberikan mata pelajaran bahasa Indonesia, untuk memantapkan bahasa Indonesia kita menjadi lebih baik lagi. Akan lebih baik apabila menggunakan tata bahasa yang baik dan benar digunakan dikehidupan sehari-hari. Supaya kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Banyak anak muda jaman sekarang yang meremehkan bahasa Indonesia dan mereka menganggap bahasa Indonesia itu tidak penting, mereka lebih sering menggunakan bahasa alay. Padahal bahasa alay itu bahasa yang tidak baik untuk digunakan karena tata bahasanya tidak benar dan berantakan.

Betapa pentingnya bila kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar supaya kita bisa mengembangkan kebudayaan serta hasil karya kita sendiri. Bagaimana mungkin kita dapat mengapresiasikan hasil karya puisi, syair, cerita dan lain sebagainya jika kita tidak mengerti dan mempelajari karya-karya tersebut. Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari atau pada saat acara formal.

Sekian dan terima kasih. J

2 komentar: