Senin, 14 Oktober 2013

Tips dan Trik Mempelajari Bahasa Indonesia

Seperti postingan sebelumnya bahasa Indonesia itu bahasa yang mudah untuk dipelajari. Mempelajari bahasa sangatlah penting. Pada dasarnya belajar bahasa tidak sama dengan memperoleh bahasa. Orang yang berbicara bahasa Indonesia dengan sangat lancar belum tentu ia telah belajar bahasa. Bisa saja ia sebatas memperoleh bahasa. Memperoleh bahasa merupakan bersifat Alamiah yang diberikan Allah SWT kepada kita, Seseorang yang memperoleh bahasa secara Alamiah mendapatkannya dilingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, maupun lingkungan sekitar. Pembelajaran bahasa Indonesia bukan hanya mengetahui bagaimana cara menggunakan bahasa tetapi juga dapat mengetahui tentang kaidah bahasa. Disini saya akan memberikan beberapa tips dan trik dalam mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Belajar dari buku EYD
    Dengan kita belajar dari buku EYD kita bisa mempelajari sendiri bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ejaan Yang Disempurnakan atau yang biasa dikenal dengan singkatan EYD merupakan ejaan yang mulai resmi dan digunakan di Indonesia. Ejaan ini masih tetap digunakan bangsa Indonesia hingga saat ini. EYD merupakan suatu rangkaian aturan yang wajib untuk kita gunakan dan ditaati dalam tulisan bahasa Indonesia resmi. EYD mencakup penggunaan dalam 12 hal, yaitu penggunaan huruf besar (kapital), tanda koma, tanda titik, tanda seru, tanda hubung, tanda titik koma, tanda tanya, tanda petik, tanda titik dua, tanda kurung, tanda elipsis, dan tanda garis miring. Yang bersumber dari belibuku.asia.

2. Belajar dari Kamus Besar Bahasa Indonesia
  Dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia akan mempermudah kita dalam belajar bahasa. Banyak kata-kata baku atau kata-kata yang tidak umum digunakan sehingga kita belum mengerti dengan kata-kata tersebut, tetapi kita bisa mencarinya dan mempelajarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia sehingga kita mengerti dan menjadi tahu.

3. Sering Membaca
  Jika kita sering membaca, kita akan menjadi lebih lancar lagi dalam belajar bahasa Indonesia. Membaca buku adalah jendela dunia. Dan bisa memperluas wawasan kita. Sehingga kita bisa lebih baik lagi dalam belajar bahasa Indonesia.

4. Sering Menulis
      Dengan kita sering menulis akan membantu kita dalam menggunakan tata bahasa atau kaidah bahasa Indonesia yang tersusun dengan rapi sehingga bahasa tersebut teratur.


5. Mempelajari Tata Bahasa
    Tata bahasa merupakan ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Dengan adanya tata bahasa kita bisa memperbaiki kata-kata yang masih berantakan menjadi lebih tersusun dengan rapi. Sehingga bahasa yang kita gunakan tidak berantakan. Sehingga bahasa yang kita ucapkan dan kita tulis menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar