Rabu, 19 Maret 2014

Perbedaan Windows 8 dengan Windowss 8.1

Windows sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sudah banyak orang yang menggunakan Sistem Operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows sendiri juga dibuat user friendly dimana user mudah dalam  menggunakannya.  

Saat ini Windows sudah mengupdate dari versi 8 menjadi versi 8.1. Awalnya windows yang sering digunakan itu Windows Xp dan Windows 7. Windows 8.1 dirilis pada bulan Oktober 2013. Apa saja perbedaan yang terdapat pada Windows 8 dan Windows 8.1? Berikut ulasannya :

Menurut Lucky Gani alasan Windows 8 diupdate ke Windows 8.1 sederhana saja, berkaitan dengan perubahan kecil pada OS Windows 8.1 dibanding pendahulunya. Menurutnya "Windows 8.1 bisa booting langsung ke desktop sehingga mirip dengan yang terdahulu (Windows 7 ke bawah). Enterprise suka karena change of management tidak terlalu susah".
Pada tombol ‘Start’ itu pun kini telah kembali ke tempatnya semula sehingga user paham bahwa menu Start kini telah berganti menjadi 'Start Screen'. Beda dengan dulu ketika menu itu harus dimunculkan dari sisi layar.

Banyak yang mengkritik Windows 8 karena sempat melenyapkan tombol Start yang membuat bingung user pertama kali menggunakannnya. Padahal tombol start sudah sangat akrab dengan pengguna Windows sejak belasan tahun lalu. Tetapi Layar Start Screen baru yang menitikberatkan pada fungsi touch pun juga membuat bingung pengguna karena menambah lingkungan kedua di samping desktop tradisional.

Kini, dengan hadirnya Windows 8.1, Microsoft sedikit mengembalikan cara interaksi ke metode lama yang lebih familiar bagi pengguna Windows, yakni dengan menaruh kembali tombol Start di tempatnya semula (pojok kiri bawah layar) dan booting langsung ke desktop.

Alhasil, menurut Lucky, kalangan korporat yang selama ini masih ragu untuk memodernisasi sistem kantornya pun perlahan berubah menyambut Windows 8.1. Dia mencontohkan operator seluler Indosat yang pada awal November lalu meneken perjanjian kerja sama dengan Microsoft untuk mengadopsi Windows 8.1.

Menurut Lucky keuntungan yang yang diperoleh mereka sudah banya, terutama dalam hal mobility karena dengan Sistem Operasi modern ini mempermudah pengguna untuk bekerja di mana saja dan kapan saja.


Referensi : tekno.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar