Kamis, 20 Maret 2014

Permasalahan Bus Transjakarta Impor

Sumber : http://www.tribunnews.com/

Bus Transjakarta menjadi alat Transportasi umum yang sekarang ini digunakan masyarakat Jakarta untuk menuju suatu tujuan. Setiap jam-jam sibuk seperti Pagi dan Sore hari pasti Bus Transjakarta ini penuh dengan penumpangannya. Harus siap mental untuk berdesak-desakan dengan penumpang lainnya. Semakin banyaknya penumpang yang menggunakan Transportasi ini maka Pemerintah menambahkan Armada Bus Transjakarta. Dengan demikian, menjadi salah satu tujuan untuk mengatasi kemacetan yang ada dikota besar ini. Agar masyarakat Jakarta lebih memilih menggunakan Transportasi umum daripada menggunakan Transportasi Pribadi.

Bus Transportasi yang didatangkan dari China ini mendapatkan banyak masalah pada mesin Bus tersebut. Mesin bus ini terlihat seperti banyak mesin yang tidak layak digunakan tetapi ada didalam bus tersebut. Ada apa ini? Apa yang terjadi dengan Bus Transjakarta Import?

Menurut Hidayat, Ia pernah menawarkan beberapa produsen otomotif dalam negeri kepada Jokowi sebagai penyedia armada bus angkutan umum di Jakarta. Dia yakin bahwa produsen domestic mampu menjadi pemasok bagi DKI karena saat ini 95% dari populasi bus dan truk di Indonesia dirakit di dalam negeri. Namun, ungkapan Jokowi produsen bus lokal kalah dalam proses tender penyediaan bus Transjakarta dari produsen bus dari China. “Mudah-mudahan dia teringat kembali kalau commercial vehicle, truk dan bus, 95% itu dibuat di dalam negeri,” kata Hidayat. Jokowipun sudah menjanjikan penambahan 1000 bus baru  untuk armada Transjakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway, pada akhir tahun, yang sebagian besar diimpor dari China.

Permasalahan kualitas bus Transjakarta mencuat setelah peredaran foto mesin dan komponen bus impor baru yang kondisinya berkarat. Permasalahan bus Transjakarta ini menjadi perdebatan waktu lalu, Jokowi yang selalu saja mengkambing hitamkan dinas perhubungan, yang sudah ketahuan bahwa Bus yang didatangkan dari Cina ini adalah Bus bekas. Pada kenyataannya otomotis dalam Negri jauh lebih baik, Tidak perlu jauh-jauh ke Negara orang untuk membeli bus tersebut. Dengan mencintai produk dalam Negri juga menjamin kalau mesinnya jauh lebih baik walaupun untuk harganya jauh lebih mahal.

Referensi : http://m.bisnis.com/quick-news/read/20140227/77/206652/bus-transjakarta-impor-berkarat-jokowi-diminta-lirik-lagi-produk-lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar