Kamis, 20 Maret 2014

Program Menu pada Borland C++

Apa itu C++? C++ adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. C++ case sentitive jika bentuk tulisan pada codingan hurufnya besar dan kecil.

Program Menu sederhana disini menggunakan switch case. Fungsi dari switch case adalah untuk mengambil suatu keputusan. Misalnya disini ada beberapa pilihan menu misalnya pilihan pertama untuk  biodata, pilihan kedua untuk luas segitiga, pilihan ketiga untuk keluar. Untuk  lebih lanjut dibawah ini adalah codingannya :

Input :


Output :




Penjelasan program :

#include Merupakan salah satu pengarah Prepocessor Directive yang tersedia pada C++. Prepocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi.

Baris yang mengintruksikan kepada kompiler yang menyisipkan file lain dalam hal ini file yang berakhiran .h (file header) yaitu file yang berisi sebagai deklarasi. Contonya: #include , #include, #include . Jika tidak menggunakan file header maka program akan error.

conio.h : clrscr, getch, getche
iostream.h : cout, cin, endl
stdio.h  : printf, scanf, puts
iomanip.h : setw, setprecision, setiosflags

main() adalah nama judul fungsi. Kesmpulannya bahwa batang tubuh program utama berada di dalam fungsi main().

Int, Char, Float adalah tipe variable. Int  untuk variable integer, Char untuk variable yang tidak bisa dibagi. Float untuk menyatakan bilangan pecahan/real.

Cout digunakan untuk menampilkan output program

Cin digunakan untuk memanggil variable atau untuk inputan.

switch case merupakan salah satu statement yang digunakan untuk penyeleksian kondisi. Misalnya case 1 untuk memilih biodata, case 2 untuk memilih luas segitiga, case3 untuk memilih keluar.

; digunakan untuk akhir pernyataan

() digunakan untuk untuk mengapit argumen fungsi yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi.

{} awal dan akhir blok program eksekusi program.

s=0.5;
luas=s*a*t;
S digunakan sebagai menentukan variable setengah atau dibagi 0.5, jadi luas=setengah*alas*tinggi. S diatas bisa diganti menjadi luas=0.5*a*t; atau luas=a*t/2;


Akhir program Borland C++ menggunakan getch() beda dengan Linux kuliax menggunakan return 0()

Refensi : staff.gunadarma.ac.id, http://acortzdie.wordpress.com/pemograman-c/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar