Senin, 18 November 2013

Desain Mesin Minuman

Desain Tampilan Depan




Desain Tampilan Belakang



Desain Tampilan Samping



Flowchart




      Pada era globalisasi dunia saat ini, perkembangan ilmu dibidang teknologi semakin maju. Teknologi berkembang dengan cepat seiring dengan kebutuhan hidup manusia yang kompleks dan selalu ingin mendapatkan / melakukan segala sesuatunya dengan cepat, praktis dan mudah. Di Negara ini, masyarakat khususnya lebih cenderung tidak ingin repot dalam melakukan segala sesuatunya.contohnya  dengan mengotomisasi semua pekerjaan dengan system. Disinilah kami berinisiatif untuk menjual minuman tanpa harus ada kasir yang menjaganya. Lebih tepatnya user bisa melakukan transaksi sendiri dengan mesin minuman.

     Banyak perusahaan minuman berlomba membuat mesin minuman dan untuk melayani masyarakat dan mempermudah dalam kegiatan penjualan  dan pemelia tanpa harus ada tambahan sumber manusia lagi. Selain itu ini merupakan kemajuan dalam penerapan teknologi yang sudah komputerisasi dan maju. Disini kami ingin memcoba mendesain mesin penjual minuman yang mudah, aman, dan menarik tentunya. Yang diperlukan adalah mendesain dialog antara konsumen dengan mesin penjual minuman agar dapat mempermudah interaksi antara mesin dengan user, sehingga user tidak kebingungan atau kesulitan dalam melakukan transaksi dengan mesin minuman.

    Mesin minuman ini dirancang dengan Tinggi 1,5 meter dan Lebar tampilan depan dan belakang 1 meter. Sedangkan Lebar tampilan samping 85cm.

     Rancangan mesin yang dibuat berguna sebagai gambaran untuk pembuatan proses kerja mesin yang sebenarnya. Mesin minuman dibuat sesederhana mungkin, agar user dapat mengerti dan mempermudah dalam memprosesnya. Mesin ini dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak, tetapi harus dengan tuntunan orang dewasa.
Alat pembayaran dari mesin ini menggunakan uang lembaran Rp. 5000 , uang lembaran yang digunakan ini tidak boleh berlipat-lipat, rusak, dan harus RAPI.

Langkah-langkah penggunaan mesin minuman ini adalah sebagai berikut :
  1. Masukan uang lembaran Rp. 5000. Uang yang digunakan tidak boleh berlipat-lipat, rusak dan harus RAPI. 
  2. User melihat pilihan minuman yang tersedia dimesin minuman.
  3. Jika uang sesuai lanjut keproses selanjutnya. Dimesin ini terdapat nomor disetiap minuman.
  4. User memilih minuman yang diinginkan dengan cara menekan tombol nomor yang tertera dimesin minuman. Contohnya menekan nomer 1, Lalu dilanjutkan dengan menekan tombol “OK” jika user sudah merasa benar
  5. Setelah menekan tombol “OK” Mesin akan menyiapkan atau mengambil minuman secara otomatis dan kemudian dikirim ketempat minuman.
  6. Setelah itu user bisa mengambil minuman pada tempat pengeluaran minuman.
  7. Jika user tidak jadi membeli user menekan tombol “Cancel” dan uang keluar kembali. 

4 komentar:

  1. Maah aku pake gambarnya buat tugas ya... makasi sebelumnya :)

    BalasHapus
  2. Izin kk, saya pakai desain gambarnya ya untuk tugas

    BalasHapus
  3. mohon ijin kaka, aku pake buat tugas ya, thanks

    BalasHapus