Senin, 09 Desember 2013

Perkembangan Fashion dan Brand-Brand Baju Di Indonesia


       Fashion merupakan istilah umum style yang popular dimasyarakat luas. Fashion terdiri dari pakaian, sepatu, accessories, dan lain sebagainya. Fashion menjadi kebutuhan masyarakat umum untuk digunakan dalam sehari-hari. Contohnya banyak orang yang membutuhkan pakaian, dari pakaian yang berkualitas (branded) maupun pakaian yang biasa-biasa saja. Tidak jarang orang membeli atau menggunakan pakaian yang berkualitas atau branded.

    Di Indonesia perkembangan fashion sudah cukup pesat dengan dukungan kreativitas & inovasi desainer-desainer muda, walaupun pada tahun-tahun sebelumnya dikuasai oleh kehadiran brand luar negri yang masuk ke Indonesia. Sehingga membuat orang Indonesia beranggapan bahwa brand luar negri dari segi kualitas dan dari segi desainnya jauh lebih baik dibandingkan dengan produk dalam Negri. Ini memuat pasar fashion di Indonesia menjadi melemah pada tahun-tahun sebelumnya. Padahal, pada perkembangan brand lokal sudah ada sejak lama. 

      Sebenarnya, brand lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan produk luar negri. Memang produk luar negri memasang harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan produk lokal asli karya anak bangsa. Sehingga banyak masyarakat yang melihat dari harga bukan dari segi kualitas. Padahal nilai suatu karya seni fashion tidak sekedar dinilai dari nilai materi semata. Ialah apresiasi kita yang membuat sebuah barang bernilai tinggi, yaitu dengan dalam bentuk membeli dengan nilai yang pantas, sesuai dengan tingkat kesulitan dan keindahan yang terpancar dalam barang tersebut. Sehingga yang menggunakan produk tersebut jauh lebih puas. Ini membuktikan bahwa produk karya anak bangsa jauh lebih baik dari segi kualitasnya, walaupun dari segi kuantitasnya jauh lebih mahal.

   Dalam mendorong brand lokal yang ada saat ini untuk berkembang pesat dengan antusiasme masyarakat yang sedang tinggi, muncullah sebuah wadah yang memfasilitasi para brand local karya anak bangsa dalam satu atap untuk dipasarkan dan dipromosikan dengan mudah dan cepat ke publik. Wadah berbasis teknologi yang dapat diakses melalui situs www.LocalBrand.co.id ini juga merupakan suatu bentuk inovasi yang dilakukan oleh anak bangsa dalam usaha memajukan para brand local agar dapat berbicara lebih banyak dalam dunia fashion Indonesia.

     Kemampuan untuk mampu mempromosikan Brand kepada calon market adalah vital bagi setiap brand owner. Ada salah seorang karya anak bangsa yang telah membawa brandnya kepasar mancanegara, ia bernama Dutz Street Wear. Terbukti beberapa produk yang ia buat telah mampu menarik hati beberapa pelanggan dari berbagai negara, salah satunya Amerika. Contoh brand-brand Indonesia yang kualitasnya menurut saya tidak kalah dengan brand luar negri yaitu:

       1.  BPOI ( Be Proud of Indonesia )
        Brand lokal satu ini menusung tema kecintaan terhadap Tanah Air. Be Pround of Indonesia di singkat BPOI adalah brand yang secara khusus menciptakan produk-produk bertemakan kebanggaan menjadi anak bangsa. Ini sangat mengesankan karena ketika brand-brand lain mengadopsi desain dari Negara luar, BPOI diciptakan untuk mengingatkan kita sebagai anak Indonesia seharusnya leih bangga untuk mengenakan icon-icon dan cirri khas Negara kita sendiri, yaitu Indonesia. 

       2. Damn! I Love Indonesia
          Damn! I Love Indonesia adalah sebuah brand yang mengambil medium appereal untuk mengekspresikan kecintaan anak muda Indonesia terhadap bangsanya dengan mengusun tema-tema yang bernuansa patritotik dan nasionalis namun dikemas secara pop.

       3. Airplane Systm Clothing
          Didirikan oleh Tubagus Fikri Chikara pada tahun 1998. Kini Airplane Systm tak hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di Malaysia, Perancis, dan Eropa.

       4. Black ID
          Black id membawa konsep fashion yang mengangkat gaya-gaya fashion asli Indonesia yang dikemas dalam gaya-gaya STREET-W EAR. Konsep baru Black Id tersebut ternyata diterima positif oleh pasar yang akhirnya berkembang menjadi jalinan yang lebih luas dan intens dengan melibatkan pihak-pihak media. Black id juga tidak hanya dijual di Indonesia tetapi juga di Malaysia.

Perkembangan brand baju di Indonesia kini semakin pesat, seperti yang kita lihat dari beberapa contoh diatas bahwa beberapa brand baju Indonesia tidak hanya dijual di Indonesia tetapi juga di negara lain seperti Malaysia, Singapura, bahkan ke Eropa.

Pesan saya, cintailah produk dalam negri karna produk dalam negri memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk luar negri. Maka dari itu, kita jangan mau kalah, mari ciptakan brand dengan produk yang berkualitas agar daya saing produk Indonesia semakin diperhitungkan di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar