Sabtu, 28 Desember 2013

Kondisi Sistem Transportasi di Jakarta


  Transportasi adalah sarana kendaraan umum yang digunakan masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Berbagai macam transprotasi yang dapat kita jumpai seperti Busway, Bus, Metromini, Angkutan Umum, Taksi  dan dua moda transportasi yang baru kita temui yaitu Mass Rapid Transit (MRT) dan Monorel. Untuk transportasi umum yang ada dijakarta pada jam kerja sangat dibutuhkan sehingga pemerintah perlu menambahkan alat transpotrasi.

   Tidak jarang masyarakat Jakarta yang menggunakan alat transportasi umum mereka lebih tertarik menggunakan transportasi pribadi seperti motor dan mobil mereka. Karena jika dibandingkan dengan transportasi umum, transportasi pribadi lebih aman dan nyaman.
Banyak masyarakat yang was-was atau cemas ketika menggunakan alat transportasi umum karena transportasi umum ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Masyarakat takut jika menggunakan transportasi umum masih banyak copet atau penodong yang akan mencuri harga benda mereka. Bukan hanya itu seperti halnya pelecehan terhadap wanitapun kerap terjadi dikendaraan umum ini. Semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi ini membuat Jakarta akan terus mengalami kemacetan yang luar biasa.

    Seharusnya pemerintah bukan hanya memperbanyak alat transportasi tetapi juga harus memberikan kenyamanan serta keamanan untuk transportasi tersebut. Dan juga memperbaiki sistem transportasi di kota Jakarta, seperti halnya tidak menggunakan transportasi yang sudah tidak layak digunakan, serta membuat perturan yang ketat. Sehingga membuat masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi dan akan menggurangi jumlah kemacetan yang ada di kota Jakarta.

   Pada tingkat pelanggaran dan kecelakaan masih relative tinggi disebabkan karena masyarakat yang masih belum hati-hati dalam menggunakan kendaraan. Mereka lebih mementingkan lebih cepat sampai tujuan daripada keselamatan. Seperti halnya menerobos lampu merah yang akan menyebabkan kecelakaan. Solusinya lebih berhati-hati dan mematuhi peraturan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar