Minggu, 29 Desember 2013

Kenali Budayamu Sebelum Terlambat

     Indonesia terkenal dengan berbagai macam budaya dari sabang hingga maraoke. Negara ini memiliki kebudayaan daerah yang berbeda-beda. Sehingga membuat Indonesia kaya akan Budayanya. Sebagai warna Negara Indonesia kita harus mengenali Budaya-budaya yang ada di Negri ini, jangan sampai budaya tersebut di klaim dengan Negara tetangga. Contohnya malaysia, Negara ini sudah tujuh kali mengklaim budaya Indonesia yang menjadi warisan negara ini, antara lain : kesenian Reog Ponorogo, lagu "Rasa Sayange",Tari Pendet dari Bali dan alat musik angklung, Beras Adan padahal beras tersebut asli dari  Nunukan, Kalimantan Timur tetapi dijual Malaysia dengan merek Bario Rice, Tari Tor-tor dan Gondang Sambilan yang merupakan kesenian asli dari Sumatera Utara.


   Sebagai warna Negara Indonesia kita harus tetap dan terus menjaga kebudayaan kita agar tidak mudah diklaim oleh Negara lain. Dengan malaysia yang telah mencoba mengklaim budaya kita semoga menjadi pelajaran agar nantinya tidak terjadi kembali.

  Kenali Budayamu Sebelum Terlambat, Sebelum terlambat mari kita kenali wujud kebudayaan Daerah di Indonesia antara lain :
  • Rumah adat
Jumlah rumah adat Indonesia sama dengan jumlah provinsi yang ada di Indonesia yaitu 33
  • Tarian
Di Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia
  • Lagu
Lagu daerah atau musik daerah atau lagu kedaerahan, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya.
  • Musik
Indonesia memiliki ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Musik tradisional yang paling banyak digemari adalah gamelan, angklung dan keroncong, sementara musik modern adalah pop dan dangdut.
  • Seni Gambar
Seni gambar yang terdapat di Indonesia adalah didaerah Jawa yaitu wayang dan Sumatera Utara yaitu Tortor
  • Seni Patung
Seni patung yang terdapat di Indonesia adalah didaerah Jawa yaitu Patung Buto, Bali yaitu Garuda Wisnu Kencana dan Papua yaitu Asmat
  • Pakaian Adat
Jika di Indonesia memiliki 33 provinsi berarti banyak ragam jumlah pakaian Tradisional Indonesia
  • Seni suara
Seni suara yang terdapat di Indonesia adalah Jawa yaitu Sinden, Sumatera Utara yaitu  Talibun, Gorontalo yaitu Dikili
  • Seni sastra
Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara. Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah poltik di wilayah tersebut.
  • Makanan
Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren. Makanan Indonesia jauh lebih nikmat dibandingkan dengan masakan Negara lain
  • Film
Era awal perfilman Indonesia ini diawali dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada 5 Desember 1900 di daerah Tanah Abang, Batavia dengan nama Gambar Idoep yang menayangkan berbagai film bisu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar