Minggu, 29 Desember 2013

Mengendalikan Emosi

   Setiap manusia yang normal pasti akan mengalami perasaan emosi. Semua perasaan yang dimiliki manusia termasuk sedih, marah, bahagia, tertekan semua itu diberikan Allah SWT terhadap umatnya karena mempunyai manfaat luar biasa terhadap kehidupan.

   Sering kali kita marah jika ada orang yang membuat kita kesal, sehingga kita tidak bisa mengendalikan emosi. Jika kita tidak dapat mengendalikan emosi maka akan terjadi perselisihan. Sebenarnya kita bisa saja mengendalikan emosi kita dengan cara istigfar, ya walaupun setan yang ada didiri kita akan tetap dan terus menggoda tetapi jika iman kita kuat emosi tersebut bisa kita kendalikan.

   Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah. Setiap manusia pasti pernah mengalami marah karena setan akan tetap terus menggoda manusia.  Perasaan emosi bukan hanya ketika sedang marah. Tetapi ketika diberikan suatu kesedihan jarang ada manusia yang nyaman dalam menerimanya dan kondisi ini bukannya bersabar malah sering timbul gejolak emosi. Jangankan disaat sedih, saat senang juga bisa emosi. Mengendalikan emosi sebenarnya tergantung dari karakter atau sifat masing-masing manusianya jika manusia tersebut mudah untuk bersabar maka perasaan emosi tersebut bisa dikendalikan.

   Cara yang cerdas dalam mengendalikan emosi adalah dengan “DIAM”. Jangan biarkan mulut berbicara karena bisa mengeluarkan kata-kata kasar dan tidak sopan, kemungkinan ini akan terjadi secara reflex, tetapi ini sebenarnya masih bisa dikendalikan. Langkah selanjutnya ambil nafas panjang dalam rongga hidung, darah mengalir keatas, tapi waktu mengambil nafas oksigen akan masuk keruang otak sehingga membuat kita menjadi lebih rileks dan tenang. Ketika kondisi sedang tenang inilah yang membuat kita menjadi lebih tenang, secara otomatis otak bisa berfikir dengan jernih.

  Emosi negatif adalah sinyal bahwa ada yang tidak baik dalam diri seseorang. Ketika suasana hati menjadi tidak nyaman, cobalah menenangkan dengan berdoa, menemui sahabat untuk berbagi perasaan (curhat), beristirahat dengan cara tidur karena dengan tidur akan menghilangkan perasaan emosi tadi dan sedikit demi sedikit bisa melupakannya, atau bisa juga mendengarkan musik atau apa saja yang disukai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar